RESUME LANGKAH MENYUSUN BUKU SECSRS SISTEMSTIS



LANGKAH MENYUSUN BUKU SECARA SISTEMSTIS


Resume ke         :15

Gelombang        :29

Hari/tanggal       :Jumad, 28 Juli 2023

Tema                     : Langkah Mrnyusun Buku Secara Sistematis

Narasumber       : Yulius Roma Patandean, S.pd

Moderator          : Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd

Alhamdulillah, pada malam ini, Jumad ,28-07-2023 berlangsung kegiatan belajar menulis via WAG KBMN PGRI 29. Kegiatan ini dipandu oleh moderator Bu Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd dengan judul “Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis”.  

Narasumbernya adalah seorang guru muda yang sangat kreatif dari tanah Toraja, Pak Yulius Roma Patandean, S.Pd. walau dalam kondisinya kurang vit, sosok yang memiliki buku yang berjudul Guru Menulis Guru Berkarya ini masih menyempatkan diri membersamai kami dalam belajar menulis. Doa dari NTT semoga Pak lekas sembuh. Aamiin.  

Pada malam hari ini materinya adalah Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis. Cocok sekali dengan tugas terakhir supaya kita bisa lulus dalam kelas belajar menulis dan padaakhirnyamenulis buku solo. Seperti biasa, kuliah malam ini dibagi menjadi 4 sesi:

1. Pembukaan

2. Pemaparan materi

3. Tanya Jawab

4. Penutup

Upaya agar buku yang kita tulis ini nyaman dibaca dan tersusun secara sistematis maka kita harus menempuh langkah-lanfkah berikut:  

1.       menggunakan fitur-fitur Ms Word untuk menyusun naskah buku yang sistematis dan rapi. Teman-teman bisa langsung mempraktekkannya. Tanpa jaringan internet/offline. Untuk memahaminya silakan simak video berikut : https://youtu.be/eePQwyHAcjw

2.        https://youtu.be/eePQwyHAcjw

3.        Atau lewat tautan ini https://youtu.be/jXPr59aWJSc

4.        https://youtu.be/mS8bfNZT-rA

5.       . Seringlah membaca naskah teman-teman, baca dan lakukan perubahan pada naskah jika dibutuhkan.

6.        Belajar pula menjadi editor naskah sendir berdasarkan video ersebut.

7.       Menyusun buku secara sistematis menumbuhkan rasa percaya diri dengan membaca karya-karya teman kita.

8.        Setiap permulaan penulisan buku pasti ada tantangan. Namun, tantangan itulah yang membuat usaha menerbitkan buku semakin menarik dan bermakna.

Demikianlah materi singkat dari  narasumber menjadi bekal dalam menulis buku secara sistematis. Semoganya ilmunya menjadi barokah. Dinginnya malam tapi tak menyurutkan keinginan untuk terus belajar. Salam hangat untuk semua peserta KBMN PGRI 29.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

puisi perpisahan kelas 9 PADAMU AKU BERCERMIN

ACARA PENGUMUMAN KELULUSAN DAN PERPISAHAN SISWA KELAS IX TP. 2022/2023